Idul Adha di Rutan Ponorogo: Tradisi Kurban Tetap Terjaga di Balik Tembok Penjara

Sholat Idul Adha berjamaah di Rutan Ponorogo, Senin (17/6/2024).

GARDAJATIM.COM: Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha di Rumah Tahanan (Rutan) Ponorogo, berlangsung khidmat dan penuh kebersamaan.

Acara dimulai dengan Sholat Ied berjamaah, dipimpin oleh Ahmad Tohir, yang dilaksanakan di lapangan Rutan, Senin (17/06/2024).

Usai Sholat Ied berjamaah, dilanjut dengan prosesi penyembelihan hewan kurban.

Kepala Rutan Ponorogo, Agus Imam Taufik mengatakan, pada tahun ini Rutan Ponorogo berhasil mengumpulkan enam ekor kambing untuk dikurbankan.

Lanjutnya, daging hasil kurban nantinya akan diolah di dapur Rutan, dan disajikan sebagai hidangan khusus bagi seluruh warga binaan.

"Kami ingin memberikan yang terbaik bagi warga binaan, termasuk dalam merayakan hari-hari besar keagamaan seperti Idul Adha ini. Semangat berbagi dan kebersamaan sangat penting untuk terus dipupuk," kata Imam.

Penyembelihan hewan kurban di Rutan Ponorogo.

Imam menjelaskan, sebanyak 287 orang warga binaan, semangat merayakan Idul Adha di Rutan Ponorogo.

"Mereka terlihat antusias mengikuti rangkaian acara, mulai dari sholat Ied hingga menikmati hidangan spesial dari olahan daging kurban," ujarnya.

Menurut Imam, perayaan Idul Adha tahun ini menunjukkan bahwa meskipun dalam keterbatasan, semangat berbagi dan beribadah tetap terjaga.

"Kami berharap semangat kebersamaan ini dapat terus menginspirasi dan memberikan dampak positif bagi seluruh penghuni rutan," tutupnya. (Hms/Red)

0/Post a Comment/Comments

Garda Jatim
Garda Jatim