PLN Serahkan Bantuan TJSL Untuk Kelompok Proklim Pesanggrahan Kota Madiun

PLN Serahkan Bantuan TJSL Untuk Kelompok Proklim Pesanggrahan Kota Madiun.

GARDAJATIM.COM: PT. PLN (Persero) Unit Induk Tranmisi Jawa Bagian Timur dan Bali, menyerahkan bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), kepada Kelompok Program Kampung Iklim Mandiri (Proklim) Pesanggrahan Ngrowo Bening, Kota Madiun pada Rabu (13/6/2024) pagi, di Aula Gedung Dekranasda.

"Kegiatan hari ini adalah kegiatan penutupan dari rangkaian acara TJSL yang diberikan oleh PLN untuk pendampingan Proklim dan UMKM yang ada di wilayah provinsi Jatim," jelas Kurnia Fidyawati, Ketua Kelompok Proklim Pesanggrahan.

Selanjutnya, Fifid sapaan akrab Ketua Proklim mengatakan, bahwa bantuan PLN berupa pendampingan dan pelatihan skill marketing maupun packaging.

"Jumlah peserta UMKM yang didampingi dalam program ini sebanyak 15 UMKM. Jadi harapannya kedepan dengan kegiatan hari ini yang sudah difasilitasi oleh PLN dapat meningkatkan penjualan dari produk-produk UMKM yang ada di kota Madiun. Di wilayah proklim masih manual penjualannya, bisa langsung digital kemudian untuk packaging-nya yang awalnya mungkin masih konvensional sekarang sudah lebih bagus lagi dengan adanya packaging sesuai dengan keinginan para UMKM," papar Fifid.

Sementara itu, perwakilan PLN UPT Bagian TJSL, Yuda menyampaikan, bahwa program TJSL pendampingan terhadap UMKM ini merupakan komitmen PLN untuk mendongkrak ekonomi daerah.

"Tujuan utama dan target dari PLN untuk tanggung jawab lingkungan dan sosial di wilayah Madiun dengan harapan ada kenaikan setelah adanya pelatihan ini. Ini adalah salah satu bentuk komitmen PLN kepada UMKM lokal untuk mendorong perputaran roda perekonomian UMKM," jelas Yuda.

Dengan adanya peningkatan kegiatan ekonomi daerah, maka kelak akan menaikkan kelas pemasaran dari pegiat UMKM untuk menuju kancah internasional.

"Harapannya ke depan untuk teman-teman UMKM di wilayah Madiun bisa menjadi lebih maju lagi pemasaran tidak hanya untuk lokal Madiun saja dan harus bisa go nasional atau bahkan internasional," tutupnya. (Arg)

0/Post a Comment/Comments

Garda Jatim
Garda Jatim