Belajar dari Ponorogo, Dindik Blitar Siapkan Mapel Mulok Seni Reog

Dindik Kota Blitar melakukan kunjungan ke Dindik Ponorogo.

GARDAJATIM.COM: Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Blitar melakukan kunjungan ke Dinas Pendidikan (Dindik) Ponorogo untuk studi banding mengenai implementasi seni Reog sebagai mata pelajaran muatan lokal (Mapel Mulok). 

Kunjungan ini bertujuan untuk mempelajari lebih lanjut bagaimana Kabupaten Ponorogo memasukkan seni Reog ke dalam kurikulum pendidikan.

Rombongan dari Dinas Pendidikan Kota Blitar, dipimpin oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Blitar Didit Rahman Hidayat S. Sos, M.A.P, diterima oleh Kepala Dinas Pendidikan Ponorogo, Drs. H. Nurhadi Hanuri M.M, beserta jajaran.

Diskusi yang berlangsung selama hampir dua jam tersebut melibatkan beberapa pejabat penting dari Dinas Pendidikan Kota Blitar, termasuk Kabid PTK Mohamad Arifin, Kabid Dikdas Jais Alwi Mashuri, S.Sos, Kabid PNF Turkamandoko, SE, dan staf fungsional lainnya.

Kepala Dinas Pendidikan Ponorogo, Drs. H. Nurhadi Hanuri M.M, menjelaskan, bahwa memasukkan seni Reog sebagai Mapel Mulok di jenjang Sekolah Dasar merupakan salah satu upaya Dinas Pendidikan dan Pemerintah Kabupaten Ponorogo dalam melestarikan budaya khas daerah mereka. 

"Mapel Mulok tentang seni Reog ini menjadi salah satu upaya Dinas Pendidikan dan Pemkab Ponorogo dalam melestarikan budaya khas Ponorogo," ungkap Nurhadi, Selasa (2/7/2024).

Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan inspirasi bagi Dinas Pendidikan Kota Blitar untuk mengembangkan program serupa dalam upaya melestarikan kebudayaan lokal melalui pendidikan. (Hms/Red)

0/Post a Comment/Comments

Garda Jatim
Garda Jatim