Menjaga Tradisi Leluhur, Karaton Surakarta Hadiningrat Gelar Kirab Pusaka 1 Suro


Kirab Pusaka Karaton Surakarta Hadiningrat, Pusaka utama Karaton Surakarta Hadiningrat yang dibawa oleh Putra Mahkota Karaton Surakarta Hadiningrat KGPAA Hamangkunagoro Sudibyo Rajaputra Narendra Mataram

GARDAJATIM.COM: Tradisi peringatan malam 1 Suro, bagi orang Jawa bukan hanya bermakna peringatan tanda pergantian waktu saja namun juga berhubungan dengan siklus kehidupan dan ritual yang sangat penting.

Menjaga tradisi ini, Karaton Surakarta Hadiningrat kembali menggelar Kirab Pusaka 1 Suro yang dilaksanakan pada hari Minggu (7/6/2024). 

Salah satu tradisi Karaton Surakarta Hadiningrat tersebut diikuti oleh ribuan Abdi Dalem dari berbagai kota dan kabupaten se-pulau Jawa.

Atas perintah Raja Karaton Surakarta Hadiningrat, 7 Pusaka dikirabkan dalam Kirab Pusaka 1 Suro tahun ini.

Saat prosesi kirab berlangsung, baik abdi dalem atau peserta umum, dilarang untuk berbicara, makan, minum, atau bercanda. 

Hal tersebut dilakukan untuk menjaga khidmat dan kesaklaran perayaan momen pergantian tahun tersebut.

Dilansir dari akun Instagram resmi Kraton Surakarta Hadiningrat, @kraton_solo, kirab Pusaka 1 Suro tersebut mengambil rute yang dimulai dari: Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ke Utara melalui Supit Urang - Jl. Pakoe Boewono(Gapura Gladag) ke Utara menuju Jl. Jendral Soedirman - ke Timur melalui Jl. Mayor Kusmanto - ke Selatan melalui Jl. Kapten Mulyadi - ke Barat melalui Jl. Veteran - ke Utara melalui Jl. Yos Sudarso - ke Timur melalui Jl. Brigjen Slamet Riyadi - ke Selatan menuju Jl. Pakoe Boewono - kembali ke Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Kerbau bule (Kanjeng Kyai Slamet) sebagai cucuk lampah (pembuka jalan) dalam prosesi Kirab Pusaka Karaton Surakarta Hadiningrat 

Dalam rangkaian kirab ini, menempati urutan paling depan adalah 7 ekor kerbau bule (Kanjeng Kyai Slamet) sebagai cucuk lampah (pembuka jalan), kemudian dibelakangnya ada pusaka utama Karaton Surakarta Hadiningrat yang dibawa oleh Putra Mahkota Karaton Surakarta Hadiningrat KGPAA Hamangkunagoro Sudibyo Rajaputra Narendra Mataram, dan dilanjutkan dengan deretan 6 pusaka lain milik Karaton Surakarta Hadiningrat.

Pengageng Sasana Wilapa Karaton Surakarta Hadiningrat KP. H Dani Nuradiningrat mengungkapkan, peserta kirab pusaka tahun ini melibatkan ribuan Abdi Dalem.

“Kirab Pusaka 1 Suro tahun ini, ada ribuan Abdi Dalem yang mengikuti prosesi, dan diperkirakan barisan kirab mencapai lebih dari 1 KM,” ungkapnya

Lebih lanjut, dirinya juga mengapresiasi kerjasama yang sangat baik dari pemerintah kota Surakarta, jajaran Polres Surakarta dan seluruh pihak yang terlibat dalam suksesi pelaksanaan Kirab Pusaka 1 Suro tahun ini.

“Kami ucapkan terima kasih sebesar – besarnya atas kerjasama yang sangat baik antara Karaton Surakarta Hadiningrat dengan seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Kirab Pusaka 1 Suro tahun ini. Baik dari jajaran Polres Surakarta maupun dari berbagai pihak yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu,” pungkasnya. (Arg)

0/Post a Comment/Comments

Garda Jatim
Garda Jatim