200 Lapak UMKM Lokal Meriahkan Pasar Malam di Alun-Alun Ponorogo, Ini Jadwalnya

Para pelaku UMKM terlihat mulai menata lapak mereka, Kamis (28/3/2024).

Gardajatim.com - Dalam rangka menghidupkan kembali kegiatan ekonomi lokal, Pemkab Ponorogo siap menggelar pasar malam megah di Alun-Alun Kota Reog.

Melalui Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UMKM (Disperdagkum) Ponorogo, Pemkab Ponorogo mengonfirmasi bahwa acara ini akan dimulai pada akhir Maret ini.

Menurut Kabid Pasar Disperdagkum Ponorogo, Okta Hariyadi, pasar malam direncanakan akan dibuka mulai tanggal 31 Maret 2024 hingga 22 April 2024.

Ia menjelaskan, bahwa akan tersedia 200 lapak untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), serta berbagai lapak hiburan lainnya.

"Pendaftaran lapak telah dibuka selama 2 hari, dari tanggal 26 Maret 2024 hingga 27 Maret 2024," kata Okta.

Para pelaku UMKM telah mendaftar di Gedung Sentra Industri Disperdagkum yang terletak di Jalan Trunojoyo, Kelurahan Mangkujayan, Kecamatan/Kabupaten Ponorogo.

"Kami telah melakukan pengecekan lokasi. Pelaku usaha hiburan diizinkan untuk memasang lapak mulai Sabtu, 30 Maret 2024, dan acara akan dimulai pada Minggu, 31 Maret 2024," tambahnya.

Disperdagkum berkomitmen untuk memberikan prioritas kepada pelaku UMKM lokal dengan menyediakan 70 persen dari total lapak yang tersedia.

"Sisanya, sekitar 30 persen akan diberikan kepada pelaku UMKM dari luar kota," jelas Okta.

Berbagai ukuran lapak tersedia, mulai dari 2 meter x 3 meter hingga 4 meter x 5 meter dengan harga sewa mulai dari Rp1.500 per meter persegi per hari.

Lapak dengan ukuran terbesar, 4 meter x 5 meter, khusus untuk pedagang di Alun-Alun Ponorogo karena sudah tersedia tendanya.

Okta menyatakan, bahwa meskipun telah menargetkan 200 pedagang, masih ada kesempatan bagi pedagang lain untuk bergabung jika masih tersedia ruang.

"Dengan ketersediaan ruang di lapangan, kami akan menyesuaikan jumlah pedagang yang berpartisipasi," tandasnya. (SAN)

0/Post a Comment/Comments

Garda Jatim
Garda Jatim