Bupati Banyuwangi Luncurkan Program Sekolah Parenting Sobat

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, Luncurkan Program Sekolah Parenting Sobat. (Foto: Pemkab Banyuwangi)

Gardajatim.com - Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, meluncurkan program Sekolah Orang Tua Hebat (Sobat) di Pendopo Sabha Swagata, untuk menyelaraskan pola pendidikan anak antara di sekolah dan di rumah, Senin (20/5/2024).

Program ini bertujuan memberikan edukasi kepada orang tua atau wali murid mengenai pengetahuan, sikap, dan keterampilan parenting.

Dalam acara peluncuran, Ipuk menyampaikan, bahwa Sobat dirancang agar orang tua dapat memperbarui ilmu parenting, memahami pendekatan yang tepat, dan lebih mengerti dunia anak sesuai zamannya.

"Dengan program ini, orang tua diharapkan mampu mengeksplorasi karakter anak dan menciptakan suasana belajar yang nyaman di sekolah maupun di rumah," ujarnya.

Program Sobat melibatkan 588 fasilitator berpengalaman, terdiri dari psikolog dan guru yang telah mengikuti pelatihan parenting.

Setiap angkatan akan berlangsung selama empat bulan dengan 16 kali pertemuan, mencakup berbagai tema seperti perkembangan anak, pengembangan bakat dan minat, dukungan orang tua dalam penumbuhan budi pekerti, serta pencegahan bullying dan kekerasan.

Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi, Suratno menambahkan, bahwa angkatan pertama diikuti oleh 8.515 peserta dari jenjang PAUD, SD, dan SMP, dengan total 337 lembaga.

"Kami berharap jumlah peserta akan meningkat pada angkatan berikutnya karena manfaat yang dirasakan oleh orang tua," katanya.

Acara peluncuran juga dihadiri oleh Kepala Pusat Penguatan Karakter Kemendikbudristek, Rusprita Putri Utami, yang bergabung secara virtual.

Rusprita mengapresiasi inisiatif Banyuwangi dan menyatakan, bahwa salah satu tantangan pendidikan di Indonesia adalah kurangnya keterlibatan orang tua dalam pendidikan dan pola asuh anak.

Ia menyebutkan bahwa hasil survei nasional menunjukkan hanya 23 persen orang tua yang mendapatkan pendidikan parenting.

"Saya sangat bahagia Banyuwangi meluncurkan program ini. Harapannya, terjadi keselarasan dan kesinambungan pada pendidikan anak di rumah dan di sekolah serta terbentuknya karakter dan pribadi anak secara utuh," kata Rusprita.

Program Sobat diharapkan menjadi model bagi daerah lain dalam melibatkan orang tua secara aktif dalam pendidikan anak, guna menciptakan generasi yang lebih baik dan berkarakter kuat. (*/Mdp)

0/Post a Comment/Comments

Garda Jatim
Garda Jatim