HIPMI Ponorogo Gelar Muscab 2024, Pilih Ketua Baru

HIPMI Ponorogo Gelar Muscab 2024, Pilih Ketua Baru. (Foto: Gardajatim.com)

Gardajatim.com - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Ponorogo menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) untuk memilih ketua baru periode 2024-2027, Sabtu (18/5/2024).

Acara yang berlangsung di Gedung Pertemuan RSU Darmayu Ponorogo ini, dihadiri oleh Ketua HIPMI Ponorogo periode 2021-2024, Dessy Prayudya Fabella, Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, serta sejumlah perwakilan dari wilayah Madiun Raya dan kota-kota lain.

Muscab ini juga dihadiri oleh pengurus HIPMI Jawa Timur dan Dinas Perdagangan dan Koperasi UMKM Ponorogo.

Dessy Prayudya Fabella, atau akrab disapa Bella, menyatakan bahwa pemilihan ketua baru menjadi fokus utama Muscab kali ini.

"Kebetulan masa jabatan saya sudah selesai, jadi hari ini ada pemilihan ketua. Calon ada satu, yaitu Mas Ibnu Alfandy yang nanti jadi calon tunggal," ungkap Bella.

Menurut Bella, hubungan HIPMI dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo selama ini berjalan baik, terutama dalam kegiatan terkait perdagangan dan UMKM.

"Alhamdulillah, Pemkab Ponorogo cukup banyak melibatkan HIPMI dalam kegiatan-kegiatan terkait perdagangan, terutama UMKM. Kami juga tidak bisa berjalan tanpa program-program dari pemerintah," tambahnya.

Bella berharap, hubungan HIPMI dengan pemerintah pada periode berikutnya dapat semakin erat, sehingga program-program yang ada bisa lebih efektif dalam membina wiraswasta.

"Relasi dengan pemerintah bisa lebih dekat lagi, banyak program yang benar-benar bisa saling beriringan jadi bukan hanya mendukung, tapi benar-benar beriringan dan satu suara, agar pembinaan kepada wiraswasta semakin meningkat," jelas Bella.

Bella juga menyoroti pentingnya pemahaman anggota HIPMI terhadap proses perizinan usaha. "Kita bukan meminta dimudahkan, tapi kita akan lebih paham dengan proses perizinan. Jadi, teman-teman yang bergabung usahanya dari segi perizinan bisa lebih lancar dan lebih baik," tuturnya.

Selama masa kepemimpinannya, HIPMI Ponorogo memiliki sekitar 150 anggota dengan usaha yang beragam.

"Bidang kuliner paling banyak, seperti food and beverage. Ada juga yang di bidang properti dan jasa. Cukup beragam, tidak ada yang mayoritas utama," ungkap Bella.

Bella juga mencatat banyaknya pemuda-pengusaha baru yang muncul selama masa pandemi COVID-19. Tantangan saat ini adalah bagaimana menjaga konsistensi mereka dalam berbisnis.

"Banyak pemuda-pengusaha baru lahir selama COVID-19. Tantangannya adalah bagaimana agar mereka konsisten dalam bisnis, meskipun kembali ke profesi masing-masing," tambahnya.

Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, secara resmi membuka Muscab HIPMI Ponorogo. Dalam sambutannya, Bupati Sugiri Sancoko mengharapkan hubungan antara HIPMI dan Pemkab Ponorogo semakin erat dalam mendukung berbagai program, terutama yang berhubungan dengan perdagangan dan UMKM.

"Meskipun selama ini saya mengaku belum berbuat banyak untuk HIPMI, ke depan kami akan berusaha lebih maksimal. Kami berharap HIPMI Ponorogo dapat terus bersinergi dengan pemerintah daerah untuk mendukung pengembangan UMKM dan meningkatkan perekonomian daerah," tandasnya.

Dengan terlaksananya Muscab HIPMI Ponorogo ini, diharapkan kepemimpinan baru dapat membawa organisasi ke arah yang lebih baik dan terus mendukung pertumbuhan ekonomi lokal melalui kolaborasi yang erat dengan pemerintah daerah. (Put)

0/Post a Comment/Comments

Garda Jatim
Garda Jatim