Jemaah Haji Kloter UPG 12 Alami Sesak Nafas di Bandara Madinah, Ini Yang Dilakukan TKB

Tim Kesehatan Bandara (TKB) berikan penanganan dan edukasi kepada Jemaah Haji. Doc

Gardajatim.com - Seorang jemaah haji dari Kloter UPG 12 mengeluhkan sesak nafas saat tiba di Bandara Pangeran Muhammad Bin Abdulaziz, Madinah, Arab Saudi, Selasa (21/5/2024).

Tim Kesehatan Bandara (TKB) segera melakukan pemeriksaan terhadap jemaah tersebut, termasuk pengukuran tekanan darah dan saturasi oksigen.

Hasil pemeriksaan menunjukkan, bahwa jemaah tersebut memiliki tekanan darah tinggi, sementara saturasi oksigen dalam batas normal yaitu 99 persen. Meskipun mengeluh sesak nafas, jemaah tersebut tidak mengalami kesulitan saat berbicara.

[ads id="ads1"]

Berdasarkan hasil pemeriksaan, TKB menyarankan agar jemaah haji tersebut segera beristirahat ketika tiba di hotel.

Diketahui bahwa sesak nafas yang dialami disebabkan oleh asam lambung, bukan kondisi medis lain. TKB juga menekankan pentingnya makan tepat waktu untuk mencegah keluhan serupa.

Selain itu, TKB memberikan instruksi kepada Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) untuk terus memantau kondisi jemaah tersebut dan membawanya ke Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) jika keluhan berlanjut.

TKHI memiliki tugas untuk memberikan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan kesehatan bagi para jemaah haji dalam kloter.

TKB juga aktif melakukan edukasi kesehatan kepada jemaah yang baru turun dari pesawat. Mereka mengingatkan jemaah untuk selalu menjaga kesehatan, termasuk beristirahat setelah tiba di hotel dan minum air putih sebelum merasa haus.

Jemaah juga diingatkan untuk rutin minum obat, makan tepat waktu, dan mengenakan alat pelindung diri (APD) selama berada di Arab Saudi.

“Pakai topi atau payung untuk melindungi kepala, gunakan masker untuk mencegah penularan penyakit dan debu, serta sesekali semprotkan air untuk menyegarkan diri,” ujar Randy, anggota Tim Kesehatan Bandara.

[ads id="ads2"]

Kepala Seksi Kesehatan Bandara Muhammad Firdaus menegaskan bahwa TKHI wajib melaporkan setiap jemaah yang membutuhkan tindakan medis segera.

“Ingatkan jemaah untuk beristirahat setibanya di hotel, minum air putih yang cukup, dan gunakan APD jika beraktivitas di luar,” kata Firdaus kepada TKHI.

“Jangan lupa kirimkan laporan jika ada jemaah yang memerlukan tindakan segera,” tutupnya. (*/red).

0/Post a Comment/Comments

Garda Jatim
Garda Jatim