Trenggalek: Permata Tersembunyi di Pesisir Selatan Jawa Timur, Ada Negeri di Atas Awan

Bukit Banyon, Trenggalek. (Foto: ig/@kkajus.98762)

Gardajatim.com - Trenggalek, sebuah kabupaten yang terletak di pesisir selatan Provinsi Jawa Timur, mungkin belum sepopuler Surabaya atau kota-kota besar lainnya di provinsi ini.

Namun, keindahan alam dan keragaman wisatanya tidak kalah memukau. Dari pantai berpasir putih hingga bukit yang menawarkan pemandangan negeri di atas awan, Trenggalek adalah surga yang tersembunyi, menanti untuk dijelajahi.

Pantai Prigi: Pesona Pasir dan Pelabuhan

Salah satu destinasi utama di Trenggalek adalah Pantai Prigi. Terletak sekitar 48 km dari pusat kota, pantai ini tidak hanya menawarkan pasir putih yang indah, tetapi juga terbagi menjadi dua kawasan: sisi barat sebagai objek wisata dan sisi timur sebagai dermaga bagi nelayan.

Di sini, pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas, mulai dari bermain pasir, berenang, hingga memancing. Fasilitas pendukung seperti pelampung, warung makan, dan penginapan juga tersedia dengan baik.

Pantai Damas: Keindahan Pasir Hitam Eksotis

Tidak jauh dari Pantai Prigi, terdapat Pantai Damas. Pantai ini dikenal dengan pasir hitamnya yang eksotis dan ombak yang relatif tenang, membuatnya ideal untuk berenang dan berselancar. Pengunjung juga bisa menyewa perahu nelayan untuk menikmati panorama alam perairan yang menakjubkan.

Bukit Banyon: Negeri di Atas Awan

Jika Anda mencari pengalaman yang berbeda, Bukit Banyon adalah tempatnya. Dengan ketinggian sekitar 1.175 mdpl, bukit ini menawarkan pemandangan Perbukitan Rejek Wesi dan Banyon yang luar biasa. Saat tertentu, Anda bisa menyaksikan awan atau kabut putih yang menutupi pemandangan, memberikan sensasi berada di atas awan.

Pantai Pelang: Harmoni Bahari dan Air Terjun

Pantai Pelang menawarkan kombinasi unik antara keindahan bahari dan air terjun. Tidak jauh dari pantai, terdapat air terjun Gebang Sewu dengan ketinggian sekitar 35 meter.

Pantai ini juga dilengkapi dengan kolam renang, goa, dan kawasan hutan pinus, menjadikannya destinasi yang sempurna untuk petualangan alam.

Trenggalek memang layak mendapat lebih banyak perhatian sebagai destinasi wisata. Dengan keindahan alamnya yang memukau dan beragam aktivitas yang ditawarkan, kabupaten ini menjanjikan pengalaman yang tak terlupakan bagi setiap pengunjungnya.

Jadi, tunggu apalagi? Rencanakan perjalanan Anda ke Trenggalek dan saksikan sendiri keajaiban yang ditawarkan oleh permata tersembunyi ini. (*)

0/Post a Comment/Comments

Garda Jatim
Garda Jatim