CSIRT Magetan Diresmikan, Upaya Pemkab Lindungi Data Warga

Pemkab Magetan bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), secara resmi meluncurkan Computer Security Incident Response Team (CSIRT).

GARDAJATIM.COM: Guna memperkuat keamanan siber dan melindungi data warga, Pemkab Magetan bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), secara resmi meluncurkan Computer Security Incident Response Team (CSIRT) di Pendopo Surya Graha, Selasa (4/6/2024). 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Magetan, Cahaya Wijaya menyatakan, bahwa pembentukan CSIRT adalah langkah strategis dalam menghadapi ancaman aplikasi berbahaya yang dapat mencuri data dan menyebarkan virus.

“Dengan adanya CSIRT, kami berharap dapat mengatasi masalah keamanan siber yang sering muncul dan memberikan perlindungan yang lebih baik bagi pemilik perangkat,” ujar Cahaya Wijaya.

Sementara, Direktur Keamanan BSSN, Danang Jaya menjelaskan, tim CSIRT akan bertindak cepat dalam memberikan pertolongan pertama pada insiden keamanan siber, diikuti dengan langkah-langkah penguatan pengamanan untuk mencegah kejadian serupa di masa depan.

“Kami fokus pada peningkatan keamanan siber dan tidak terlibat dalam penanganan akun yang menyebar hoaks atau aktivitas serupa, karena hal tersebut sudah menjadi ranah pihak lain,” tambah Danang Jaya.

Peluncuran CSIRT ini diresmikan oleh Pj Bupati Magetan, Hergunadi, sebagai wujud komitmen pemerintah daerah dalam menghadapi tantangan keamanan siber.

Dengan adanya tim ini, diharapkan Magetan dapat menjadi contoh dalam pengelolaan keamanan siber di tingkat kabupaten.

Untuk diketahui, CSIRT merupakan tim yang dibentuk untuk merespons dan menangani insiden keamanan siber.

Tim ini bertugas memantau, menganalisis, dan menindaklanjuti kejadian mencurigakan atau berpotensi merugikan dalam ruang siber. (Put)

0/Post a Comment/Comments

Garda Jatim
Garda Jatim