Pakoe Boewono XIII Rayakan Ulang Tahun ke-76 di Karaton Surakarta

GKR Pakoe Boewono XIII membacakan kata-kata mutiara untuk PB XIII. Ist

GARDAJATIM.COM: Dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-76, Pakoe Boewono XIII (PB XIII), gelar momen istimewa di Sasana Narendra, Karaton Surakarta Hadiningrat, Jumat (28/6/2024) siang.

Acara ini dihadiri oleh sejumlah keluarga Karaton Surakarta, serta ratusan Abdi Dalem dari berbagai kota dan kabupaten.

Di antara yang hadir, tampak Pengageng Parentah Karaton Surakarta, KGPH Adipati Drs. Dipokusumo M.Si., yang merupakan adik laki-laki PB XIII, serta keluarga lainnya. 

Hadir pula kakak perempuan PB XIII yang juga Pengageng Keputren Karaton Surakarta, GKR Alit; adik laki-laki PB XIII, Gusti Benowo; serta beberapa adik perempuan PB XIII.

Selain itu, GRAy. Putri Purnaningrum, Gusti Devi, Gusti Ratih, dan Gusti Rumbai, anak perempuan PB XIII dari istri terdahulu, juga turut hadir dalam perayaan tersebut.

Acara dimulai dengan wilujengan (doa) yang dipimpin oleh ulama Karaton Surakarta, diikuti dengan prosesi potong tumpeng dan tiup lilin.

Momen tersebut diiringi dengan lantunan kata-kata indah yang dipersembahkan kepada PB XIII.

Permaisuri Karaton Surakarta Hadiningrat, GKR Pakoe Boewono, membuka sesi ini dengan membacakan kata-kata yang ditulisnya sendiri, menciptakan suasana haru namun penuh khidmat.

Hal yang sama dilakukan oleh Gusti Rumbai, Gusti Devi, Gusti Ratih, dan Gusti Putri Purnaningrum, yang masing-masing memberikan kata-kata indah untuk ayahanda mereka.

Tak ketinggalan, Putra Mahkota Karaton Surakarta Hadiningrat, KGPAA Hamangkunegoro Sudibya Rajaputra Narendra Mataram, juga memberikan penghormatan melalui kata-kata yang dipersembahkan kepada ayahandanya, PB XIII.

Dilansir dari indonesiabuzz.com, usai acara, GKR Pakoe Boewono menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh keluarga dan Abdi Dalem yang hadir.

"Saya secara pribadi mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh anggota keluarga dan kepada seluruh Abdi Dalem yang telah hadir pada acara peringatan HUT Sinuhun Pakoe Boewono XIII yang ke-76 siang ini. Semoga kita semua selalu dilimpahkan berkah oleh Tuhan YME," ujar GKR Pakoe Boewono.

Perayaan ulang tahun PB XIII yang berlangsung sederhana namun penuh makna ini, menunjukkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan yang kuat di Karaton Surakarta Hadiningrat. **

0/Post a Comment/Comments

Garda Jatim
Garda Jatim