Dandim 0802/Ponorogo Ikuti Larungan Telaga Ngebel dalam Rangka Grebeg Suro 2024

Dandim 0802/Ponorogo Ikuti Larungan Telaga Ngebel dalam Rangka Grebeg Suro 2024.

GARDAJATIM.COM: Komandan Kodim (Dandim) 0802/Ponorogo Letkol Inf Dwi Soerjono menghadiri acara Larungan Telaga Ngebel dan risalah doa sebagai bagian dari rangkaian acara Grebeg Suro 2024 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Ponorogo.

Acara ini juga dihadiri oleh para Forkopimda Kabupaten Ponorogo serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Selain Dandim 0802/Ponorogo, hadir pula Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Cabang XVI Kodim Ponorogo, Ny. Dina Soerjono.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan doa, sambutan dari ketua panitia, dan dilanjutkan dengan arak-arakan Buceng Agung, Buceng Purak, dan Buceng Wolu yang kemudian diserahkan kepada Bupati Ponorogo untuk diarak mengelilingi Telaga Ngebel.

Acara ini diakhiri dengan pertunjukan seni Reog oleh Kecamatan Ngebel.

Letkol Inf Dwi Soerjono menyatakan kegembiraannya bisa mengikuti acara tersebut.

"Rangkaian Grebeg Suro terus kami ikuti dan hari ini ada di Telaga Ngebel masih juga kegiatan yang sama yaitu acara Grebeg Suro," ujarnya.

Ia menambahkan bahwa tradisi ini penting untuk menjaga dan melestarikan budaya lokal yang telah turun-temurun.

"Tradisi atau adat istiadat ini tentu sangat bagus karena selain menjaga dan melestarikan budaya, juga merupakan wadah untuk terus menjaga silaturahmi dan persaudaraan di antara kita," jelasnya.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Staf Ahli Presiden Harsen, Sekretaris Staf Ahli Presiden Yuni, Sesmenko RI, Bupati Ponorogo H. Sugiri Sancoko, S.E., M.M., Wakil Bupati Ponorogo Hj. Lisdyarita, S.H., Kapolres Ponorogo AKBP Anton Prasetyo, S.IK., S.H., M.Si., Letkol Tek Kusbandono dari Lanud Iswahjudi Madiun, Sekda Kabupaten Ponorogo Drs. Agus Pramono, M.M., Ketua Pengadilan Agama Ponorogo Maftuh Basyuni Hakim, Kepala Kemenag Ponorogo, serta perwakilan OPD Kabupaten Ponorogo dan Dansubdenpom V/1-1 Ponorogo. **

0/Post a Comment/Comments

Garda Jatim
Garda Jatim