Magetan Rayakan Hardiknas 2024 dengan Gebyar Tari Massal

Ribuan pelajar menari di alun-alun Magetan memperingati Hardiknas 2024.(Daniel/Lensamagetan.com)

Gardajatim.com
- Kabupaten Magetan memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024 dengan gelaran tari massal yang melibatkan 2.024 siswa SD dan SMP, Sabtu (25/5/2024).

Acara ini berlangsung di Alun-Alun Magetan menghadirkan berbagai tarian daerah dari seluruh nusantara yang melambangkan keberagaman budaya Indonesia.

Ini menjadi momen istimewa bagi dunia pendidikan di Magetan, sekaligus bentuk apresiasi kepada para pejuang pendidikan dan dorongan untuk meningkatkan semangat mencerdaskan kehidupan bangsa.

Tari massal ini tidak hanya memadukan keindahan tarian dari berbagai suku dan ras, tetapi juga menyampaikan pesan persatuan dan kebanggaan terhadap kekayaan alam dan budaya Indonesia.

Penjabat (Pj) Bupati Magetan, Hergunadi, menyampaikan apresiasi tinggi kepada para pelajar, pendidik, dan orang tua yang telah berkontribusi dalam suksesnya acara ini.

"Penyelenggaraan ini merupakan implementasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila dan komitmen bersama untuk menguatkan budaya serta menyukseskan Merdeka Belajar dan mutu pendidikan di Kabupaten Magetan," ujar Hergunadi yang dilansir dari Petisi.co.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Magetan, Drs. Suwata, M.Si menjelaskan, bahwa tema peringatan tahun ini adalah "Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar".

"Sejumlah kegiatan telah dilaksanakan untuk merayakan Hardiknas, termasuk upacara serentak di seluruh satuan pendidikan pada 2 Mei dan permainan tradisional," katanya.

Selain tari massal, acara lain yang dilaksanakan meliputi festival clay oleh siswa PAUD di 18 kecamatan, dan akan diikuti dengan festival mewarnai anak dan orang tua dengan 2.000 peserta TK di Alun-Alun Magetan.

"Puncak acara akan diadakan pada 30 Mei dengan jalan sehat yang diikuti oleh seluruh guru di Kabupaten Magetan di GOR Ki Mageti," tambahnya.

Dengan rangkaian kegiatan ini, Kabupaten Magetan menunjukkan komitmennya dalam memperingati Hardiknas dan memperkuat semangat pendidikan di kalangan pelajar dan masyarakat. (*)

0/Post a Comment/Comments

Garda Jatim
Garda Jatim