Pilkada 2024, Peluang Kemenangan Sugiri Sancoko Menguat

DR. Muhammad Fajar Pramono, saat wawancara bersama wartawan di kampus Unida Gontor. (Foto: Gardajatim.com)

Gardajatim.com - Persiapan jelang Pilkada serentak pada akhir November 2024 semakin memanas, terutama di kota Reog Ponorogo. Dalam perhelatan tersebut, Sugiri Sancoko, calon petahana telah resmi mendaftar sebagai Calon Bupati beberapa waktu lalu, di Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan PDI Perjuangan.

Menurut DR. Muhammad Fajar Pramono, seorang Pengamat Politik mengatakan, Sugiri Sancoko memiliki peluang besar untuk memenangkan pemilihan tersebut.

"Pak Giri memiliki agenda besar dengan menyakinkan mesin politiknya agar tidak meninggalkannya," ungkap Fajar Pramono, kepada wartawan di Unida Gontor, Rabu (8/5/2024).

Fajar Pramono menilai, bahwa Sugiri Sancoko merupakan perpaduan antara dua sosok Bupati sebelumnya, yaitu Markum Singodimedjo dan Amin, dengan kelebihan seperti sifat rendah hati, kemampuan membangun hubungan yang baik dengan masyarakat, dan komunikasi yang efektif.

Namun demikian, ia menekankan bahwa terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan kemenangan Sugiri Sancoko dalam Pilkada Ponorogo.

"Pak Giri harus mampu melawan mitos bahwa Bupati Ponorogo hanya dapat menjabat satu periode. Saran saya Pak Giri bisa belajar dari kepemimpinan sebelumnya, terutama dari Bupati Markum Singodimejo," kata Dosen Senior lulusan S3 Doktor Universitas Gadjah Mada itu.

Kendati demikian, Sugiri Sancoko juga perlu membersihkan lingkungan sekitarnya dari orang-orang yang mungkin merugikan posisinya serta menyelesaikan visi dan misi yang telah ditetapkan.

Dosen senior Ilmu Politik itu juga menyoroti kabar majunya kembali Ipong Muchlisonny, namun ia memperkirakan Sugiri Sancoko akan diuntungkan jika mampu melawan Ipong Muchlisonny dengan benar.

"Info yang sempat beredar Pak Ipong akan menggandeng anaknya Pak Supri Gerindra sebagai calon wakilnya. Nah, dulu (Pilkada tahun 2020) keduanya pernah jadi satu dengan mesin politik yang sama dan bisa dikalahkan oleh mesin politiknya Pak Giri. Jadi sekali lagi, Pak Giri diuntungkan saya menilai pertarungannya demikian. Sugiri Sancono memiliki kans menang besar dalam Pilkada Ponorogo," bebernya.

Namun, ia menekankan bahwa segalanya tergantung pada bagaimana mampu menyakinkan mesin politik masing-masing kandidat. (Fjr)

0/Post a Comment/Comments

Garda Jatim
Garda Jatim