Komsos Kodim 0802/Ponorogo: Sinergi TNI dan Pemkab untuk Ketahanan Pangan

Sinergi TNI dan Pemkab untuk Ketahanan Pangan.

GARDAJATIM.COM: Kodim 0802/Ponorogo menggelar Komunikasi Sosial (Komsos) bersama Aparat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) di Aula Paraduta Kodim 0802/Ponorogo, Rabu (26/06/2024).

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan sinergi antara TNI dan pemerintah dalam menghadapi perubahan iklim dan memastikan ketahanan pangan di Kabupaten Ponorogo.

Mengusung tema "TNI AD Bersama Aparat Pemerintah Bersinergi Dalam Mengantisipasi Dampak Perubahan Iklim," acara ini menjadi wadah bagi TNI dan berbagai pihak terkait, untuk berdiskusi dan mencari solusi atas tantangan perubahan iklim yang mempengaruhi ketahanan pangan.

Dandim 0802/Ponorogo, Letkol Inf Dwi Soerjono, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya kolaborasi antara TNI dan berbagai stakeholder dalam mengantisipasi dampak perubahan iklim. 

"Kami mengajak semua pihak untuk berkolaborasi dan bekerja sama menghadapi dampak perubahan iklim melalui acara ini," ujarnya.

Dalam Komsos ini, berbagai masalah terkait perubahan iklim dibahas, termasuk solusi yang melibatkan peningkatan ketahanan pangan dan pertanian di Ponorogo.

Kodim 0802/Ponorogo telah mengambil langkah nyata, seperti penyaluran 60 unit mesin pompa kepada kelompok tani, pembuatan sumur dalam di 10 titik, kegiatan stunting, pendampingan penyakit mulut dan kuku, serta peningkatan infrastruktur melalui Program TMMD ke-121 di Desa Selur, Kecamatan Ngrayun.

Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko memberikan apresiasi atas pelaksanaan Komsos ini.

"Sinergi ini sangat keren, artinya kita memikirkan bersama semua yang terjadi di negara ini, terutama terkait perubahan iklim dan ketahanan pangan. Kesejahteraan masyarakat adalah tanggung jawab bersama," kata Bupati Ponorogo.

Bupati Sugiri juga mengajak semua stakeholder untuk bekerja sama dalam mewujudkan Kabupaten Ponorogo, sebagai tambang pangan dengan mengoptimalkan seluruh lahan yang ada.

"Dengan cara ini, kita bisa menghadapi segala kemungkinan terkait pangan. Saya berterima kasih kepada Pak Dandim yang sangat merakyat dan pintar," ujarnya.

Acara Komsos ini juga menghadirkan materi tentang peran teknologi dalam menghadapi perubahan iklim, yang disampaikan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Ponorogo, dan strategi menghadapi perubahan iklim yang disampaikan oleh Dinas PUPR Kabupaten Ponorogo.

Hadir dalam acara ini antara lain Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko; Wakil Bupati Ponorogo, Lisdyarita; Dandim 0802/Ponorogo Letkol Inf Dwi Soerjono; Kasdim 0802/Ponorogo Mayor Inf Misirin; Kasat Bimas Polres Ponorogo, AKP Agus Saiful Bahri; Ketua Pengadilan Negeri Ponorogo; Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Ponorogo Irwan; Kepala ATR/BPN Ponorogo Arinaldi; perwakilan BPBD Kabupaten Ponorogo, Dinas Perhutani Kabupaten Ponorogo, OPD Kabupaten Ponorogo, Danramil jajaran Kodim 0802/Ponorogo, Kapolsek Jajaran Polres Ponorogo, serta para Camat se-Kabupaten Ponorogo.

Dengan adanya Komsos ini, diharapkan sinergi antara TNI dan pemerintah daerah dalam mengantisipasi dampak perubahan iklim dapat semakin kuat, serta ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat Ponorogo dapat terjaga dengan baik. (MdC0802/red)

0/Post a Comment/Comments

Garda Jatim
Garda Jatim